Katakamidotcom News Indonesia

Jangan Ada Lagi Kekerasan, Selamat Hari Ibu !

https://i1.wp.com/www.sl-designs.com/images/free-backgrounds/mothers-day1.gif

Oleh : Mega Simarmata, Pemimpin Redaksi

DIMUAT JUGA DI WWW.KATAKAMI.COM

Jakarta 21/12/2009 (KATAKAMI) Indonesia akan memperingati HARI IBU pada tanggal 22 Desember 2009 besok. Peringatan rutin ini memang akan sangat spesial bagi kaum perempuan yang sudah berstatus IBU atau berprofesi sebagai seseorang yang pantas dipanggil IBU.

Bisa IBU GURU, IBU ATASAN, IBU MENTERI atau IBU-IBU lainnya.

Menarik untuk mencermati betapa mulia dan strategisnya posisi seorang IBU. Baik dalam lingkungan KELUARGA atau MASYARAKAT disekitarnya.

https://i2.wp.com/4.bp.blogspot.com/_69afOHQ42c4/R0f9NGaOzLI/AAAAAAAAAUw/r5EC5dE4e8A/s200/women-violence_26.jpg

Kerap kali, perempuan — terutama sosok IBU — diposisikan sangat terpojok, tersudutkan dan ternistakan secara sistematis.

Kita masih sering mendengar kejahatan yang banyak menghiasi keluarga-keluarga INDONESIA yaitu Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Main pukul, main tampar, main tendang dan seribu satu macam tindak kekerasan lainnya seakan-akan menjadi santapan harian bagi para isteri atau kalangan IBU.

Tidak cuma itu saja.

Jika KEKERASAN itu melebar kepada anak-anak mereka, itupun menjadi mata rantai dari KDRT.

Untunglah, kaum IBU sudah cukup banyak yang menyadari bahwa KDRT bukanlah sesuatu yang tabu untuk dilaporkan kepada pihak aparat keamanan.

Dari pemberitaan media massa, kita banyak mendengar bahwa KDRT menjadi bahan pelaporan para isteri ke aparat KEPOLISIAN.

https://i0.wp.com/muhanifa.com/wp-content/uploads/2009/06/foto-penganiayaan-cici-paramida.jpg

Photo : Artis Cici Paramida, korban KDRT

Termasuk kalangan artis, ada diantara mereka yang juga mengalami KDRT. Misalnya pedangdut cantik Cici Paramida.

Itulah sebabnya, NEGARA harus lebih membentengi keluarga-keluarga Indonesia dari kejahatan yang bernama KDRT tadi. Jerat hukum yang bagaimana dan seperti apa saja yang dianggap ampuh untuk mengurangi angka kekerasan dalam keluarga-keluarga Indonesia ?

Sebenarnya, yang bisa menjadi landasan kuat mengurangi kejahatan KDRT tadi adalah agama dan keyakinan yang dianut oleh kita sebagai sesama anak bangsa Indonesia yang menjadi bagian tak terpisahkan dari komunitas dunia.

Pantaskah menyakiti pasangan hidup secara jasmani dan rohani ?

Pantaskah menyakiti anak-anak dibawah umur, baik itu anak biologis atau anak-anak kecil dibawah umur secara keseluruhan.

Sosok ibu, memang tak semuanya sempurna.

Tetapi berdasarkan totalitas kehidupan kita di muka bumi ini, sosok Ibulah yang dengan tulus dan penuh cinta melindungi anak-anak mereka.

Lihatlah bagaimana tingginya tingkat kepercayaan para orangtua dalam mempercayakan anak-anak mereka untuk dididik oleh kalangan pengajar – terutama oleh para IBU GURU –.

https://i2.wp.com/www.dolcesinfonia.com/FLASH%20MENU/Animation34crown.gif

Photo (Ilustrasi) : Mahkota

Perempuan yang bernama IBU adalah mahkota kehidupan.

Perempuan yang bernama IBU adalah permata kehidupan.

Perempuan yang bernama IBU adalah bunga-bunga indah yang mekarnya sepanjang masa.

Bahkan di tingkat dunia internasional, kalangan elite dunia juga sangat kental kecintaannya pada SOSOK IBU.

https://i1.wp.com/www.ladydiana365.com/uploaded_images/messages-from-lady-diana-774995.jpg

Contoh kecil yang sangat melekat kuat dalam ingatan adalah saat Princess of Wales atau Puteri Diana meninggal dunia akibat kecelakaan mobil di Paris, Perancis tanggal 31 Agustus 1997.

Lepas dari gunjang ganjing rumah tangganya dengan Pangeran Charles, Puteri Diana sangat dicintai oleh kedua anak lelakinya (Pangeran William dan Pangeran Harry).

Sepucuk surat disertai karangan bunga dari Pangeran Harry diletakkan diatas peti mati Puteri Diana sesaat sebelum upacara pemakaman.

https://i0.wp.com/www.unicornlady.net/diana/images/mummy.jpg

Surat itu bertuliskan, “MUMMY”.

Inti dari peringatan HARI IBU yang perlu ditekankan adalah ketulusan dalam menghormati dan menghargai segala perjuangan serta pengorbanan dari kaum IBU – dimasa lalu, masa kini dan masa depan – dari kehidupan dari kita semua.

Janganlah ada lagi yang dengan mudah melakukan KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA.

Jangan nikahi anak perempuan orang, jika hanya untuk dipukuli secara sadis dan brutal.

Jangan nikahi anak perempuan orang, jika hanya untuk disakiti dan direndahkan.

Jangan nikahi anak perempuan orang, jika hanya untuk disiksa dan disamakan dengan binatang yang hendak dibantai.

http://serikatperempuan.files.wordpress.com/2009/08/20090618kdrt.jpg

Setiap laki-laki yang melakukan KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA – termasuk juga yang dengan mudah melakukan kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak-anak kecil – adalah laki-laki pengecut yang menderita kelainan jiwa dan pantas dicurigai sebagai manusia psikopat.

Betapa memalukan kecenderungan melakukan KEKERASAN terhadap perempuan dan anak-anak.

Itu adalah kejahatan kemanusiaan yang sulit diterima oleh akal sehat manusia manapun di muka bumi ini.

Termasuk misalnya, ada yang tertarik atau terobsesi terhadap ISTERI orang lain dan mati-matian ingin mendapatkan atau memiliki pasangan hidup orang lain.

Kasihan sekali jika pada kehidupan yang nyata, ada realita yang seburuk dan sekotor ini karena bisa jadi lelaki yang terobsesi tadi melakukan atau menghalalkan segala cara untuk melampiaskan hawa nafsu atau permainan emosinya yang sesat.

Dan lagi-lagi, PEREMPUAN yang menjadi korban dari kejahatan kemanusiaan yang semacam ini.

Pendekar – Pendekar Besi Nusantara

Foto VOA Indonesia – Kunjungan Maya Soetoro-Ng ke Kantor VOA

MAWAR SURGA ITU BERNAMA STANLEY ANN DUNHAM

Dalam rangka HARI IBU yang diperingati di Indonesia tanggal 22 Desember 2009, yang juga menyentuh hati adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh adik tiri dari Presiden AS Barack Obama yaitu MAYA SOETORO Ng.

Maya dilahirkan di Indonesia, dari seorang ayah (Lolo Soetoro) yang berkewarganegaraan Indonesia dan dari seorang ibu (Stanley Ann Dunham) yang berkewarganegaraan AS tetapi sangat MENCINTAI INDONESIA.

Beberapa hari lalu, Maya datang berkunjung ke redaksi Voice Of America (VOA) Seksi Indonesia di WASHINGTON DC tanggal 14 Desember 2009 lalu.

Maya datang memang bukan dalam rangka peringatan HARI IBU di Indonesia. Tetapi ia datang untuk mempromosikan buku yang menjadi karya SANG IBU semasa hidupnya dulu.

Maya memperkenalkan buku yang diterbitkannya sebagai dedikasi atas aktivitas dan perjuangan SANG IBU semasa di INDONESIA.

https://i1.wp.com/imgs.sfgate.com/c/pictures/2008/03/15/mn_obama_family.jpg

Ada sebuah penghormatan kepada sosok IBU yang tak bisa ditutupi atau dihilangkan.

Ada kebanggaan dan kenangan yang sempurna keindahannya bila mengenai sosok IBU.

Disini yang hendak disampaikan, siapapun itu yang menjadi figur IBU, ia akan dengan sangat abadi melekat kuat dalam ingatan dan kenangan anak-anaknya.

Masih banyak dan pasti akan sangat beragam, cara dari setiap anak untuk menghormati dan menyampaikan ekspresi diri mereka untuk menyampaikan betapa mereka sangat mencintai SANG IBU.

Bisa berbentuk kartu ucapan, karangan bunga atau hadiah istimewa.

https://i1.wp.com/www.freefever.com/animatedgifs/animated/mothersday.gif

Dan saya pribadi, juga mendapatkan sebuah kejutan yang manis di HARI IBU.

Ketiga puteri saya (Tika 9 tahun, Mika 7 tahun dan Nika 4 tahun) memberikan hadiah sederhana yang sangat menyentuh hati.

Walau masih kurang satu hari, hadiah itu sudah mereka sampaikan kepada diri saya.

Mika, anak kedua saya, yang saat ini duduk di kelas 2 Sekolah Dasar membelikan sebuah gelang manik-manik berwarna hijau.

Untuk anak SD seumuran Mika, gelang seharga Rp. 115.ooo itu pasti sangat mahal karena ia membeli dari hasil tabungannya sendiri.

Mika menuliskan ucapan yang sangat jujur dalam kartu ucapannya, “Mama … gelang dari aku, dipakai terus ya. Aku sayang banget sama Mama. I love you Mom. Selamat Hari Ibu MAMA, 22 Desember 2009. Salam manis dari MIKA”.

Sedangkan puteri sulung dan puteri bungsu saya patungan untuk membeli sebuah dompet yang juga sangat mahal untuk ukuran anak dibawah umur seperti mereka.

Nika Siagian

Photo : Nika

Apalagi, anak bungsu saya Nika (4 tahun) sebenarnya pada saat ini sedang diopname di rumah sakit sejak 2 hari lalu.

Tetapi ia sudah mengerti bahwa berdasarkan “rumpian” kedua kakaknya seminggu terakhir, akan ada peringatan IBU dan semua bersemangat memberikan hadiah untuk MAMA.

Nika — yang biasa kami panggil dengan DORA, diam-diam sudah memberikan uang tabungannya selama ini (jika ia diberi uang oleh papa atau neneknya).

Dalam kartu ucapan mereka, tertulis ucapan yang sangat menyentuh hati yaitu, “Selamat Hari Ibu, MAMA. Kami sayang sama Mama”.

Ibu manapun didunia ini, pasti akan sangat tersentuh hatinya jika menerima sebuah perhatian dari anak-anak dengan cara yang begitu sederhana tetapi sangat amat tulus.

https://i1.wp.com/s4.photobucket.com/albums/y143/cute-spot/site-graphics/mothers_day/happy-mothers-day-sunflower.gif

SELAMAT HARI IBU untuk semua kaum IBU di INDONESIA.

Mari kita terus mengabdikan diri kepada keluarga, bangsa dan negara dalam kapasitas kita sebagai IBU.

Dimanapun kita berada, jangan pernah berhenti untuk berbuat baik.

Jangan pernah menyerah untuk menyuarakan kebenaran dan keadilan, dengan diawali dari keluarga kita masing-masing.

Dan meminjam ucapan dari ketiga puteri saya, saya juga ingin menyampaikan ucapan yang sama kepada ibu saya sendiri — RUSLI AMINAH PASARIBU — yang sudah sangat sepuh.

SELAMAT HARI IBU, MAMA. (Betapa saya sangat menyayangimu sebagai ibu yang sempurna dalam memberikan cinta).

Indah rasanya, menyambut hari ibu sambil menikmati lantunan lagu. “MOTHER, HOW ARE YOU TODAY ?” yang liriknya sebagai berikut : (YOUTUBE : MAYWOOD) :

https://i2.wp.com/www.hellasmultimedia.com/webimages/mother-htm/mother/animated/mom.gif

Mother, how are you today?Here is a note from your daughter.With me everything is ok.Mother, how are you today?Mother, don worry, Im fine.Promise to see you this summer.This time there will be no delay.Mother, how are you today?Verse :

I found the man of my dreams.

Next time you will get to know him.

Many things happened while I was away.

Mother, how are you today?

https://i2.wp.com/www.hellasmultimedia.com/webimages/mother-htm/mother/animated/mom.gif

Atau, bisa juga kita nikmati lagu MOTHER dari John Lennon yang liriknya sebagai berikut (YOUTUBE : JOHN LENNON) :

Mother, you had me, but I never had you
I wanted you, you didnt want me
So i, I just got to tell you
Goodbye, goodbye
Father, you left me, but I never left you
I needed you, you didnt need me
So i, I just got to tell you
Goodbye, goodbyeCh
ildren, dont do what I have done
I couldnt walk and I tried to run
So i, I just got to tell you
Goodbye, goodbyeMama dont go
Daddy come home
(repeat 9 more times)

https://i2.wp.com/www.hellasmultimedia.com/webimages/mother-htm/mother/animated/mom.gif

Sekali lagi, SELAMAT HARI IBU wahai perempuan-perempuan INDONESIA yang hebat dan sungguh penuh cinta mengasihi, berkarya dan mengabdikan totalitas dirinya masing-masing — terutama kemampuan, talenta dan prestasi dirinya — kepada keluarga serta sesama manusia !

(MS)

January 17, 2010 - Posted by | Uncategorized

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: