Katakamidotcom News Indonesia

Wahyono : Kami Siap Amankan Jakarta Untuk Kunjungan Obama

WAWANCARA EKSKLUSIF

DIMUAT JUGA DI KATAKAMI.COM

Datanglah Obama Sebab Indonesia Juga Rindu Padamu

Ujian Kedua Bagi Jenderal Sutanto Itu Bernama Barack Obama


Jakarta 24/2/2010 (KATAKAMI) Berbagai persiapan sedang terus dilakukan untuk menyambut kunjungan kenegaraan dari Presiden ke-44 AS Barack Obama pada bulan Maret 2010 yang akan datang.

Salah satu persiapan yang sangat intens dilakukan adalah di sector keamanan. DKI Jakarta, adalah salah satu wilayah yang menjadi fokus kunjungan Presiden Obama yang akan datang dengan didampingi sang isteri yaitu Michelle Obama, dan kedua puteri mereka yaitu Malia Obama dan Sasha Obama.

Untuk mengetahui, sejauh mana POLRI – dalam hal ini Polda Metro Jaya – mempersiapkan segala sesuatunya terkait kunjungan kenegaraan Presiden Obama sekeluarga, Selasa (23/2/2010)  Pemimpin Redaksi KATAKAMI.COM Mega Simarmata melakukan WAWANCARA EKSKLUSIF dengan Kapolda Metro Jaya Irjen. Wahyono.

Dan inilah hasil WAWANCARA EKSKLUSIF kami dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Wahyono :

KATAKAMI (K) : Pertama-tama kami ucapkan terimakasih Pak Kapolda untuk kesempatan wawancara eksklusif ini. Kita tahu bahwa Presiden Barack Obama akan melakukan kunjungan ke Indonesia bulan Maret mendatang. Dan Jakarta adalah satu satu kota yang akan dikunjungi. Di Kepolisian, andalah penanggung-jawab keamanan wilayah untuk daerah Jakarta. Bagaimana persiapan pengamanan kunjungan Presiden Obama ?


(Irjen Wahyono(W) : Polri menggelar operasi yang diberi sandi AMAN NUSA 7. Operasi yang terpusat dan dikendalikan langsung oleh Mabes Polri. Kemudian masing-masing Polda yang terkait dilibatkan dalam operasi AMAN NUSA 7 ini.

(K) : Bisa lebih detail Pak, mengenai operasi itu ?


(W) : Operasi Aman Nusa 7 ini sedang terus berjalan. Mulai dari  langkah-langkah penyelidikan, penciptaan situasi kamtibmas yang kondusif bagi terseleggaranya kunjungan kenegaraan Presiden Amerika Barack Obama selama berada di Indonesia. Kemudian juga langkah-langkah lain yaitu mengamankan kunjungan kerja beliau selama di Indonesia.

(K) : Oke, itu tadi kan penjabaran secara umum. Kami ingin bertanya sekarang mengenai pengamanan dari Polda Metro Jaya sendiri, di titik-titik mana pengamanan terhadap kunjungan Presiden Obama akan lebih ditingkatkan perkuatannya pengamanannya ?


(W) : Pada prinsipnya, diseluruh wilayah hukum  Kepolisian Daerah Metro Jaya kami upayakan penciptaan situasi kamtibmas yang kondusif. Lalu pengamanan itu difokuskan juga pada objek-objek yang menjadi sasaran kunjungan kerja beliau. Termasuk juga rute-rute jalan yang akan dilalui selama beliau di Jakarta. Serta tempat akomodasi beliau (Barack Obama, red). Juga tempat kedatangan dan keberangkatan kembali, itu semua menjadi prioritas Polda Metro Jaya untuk menciptakan situasi yang kondusif seperti itu. Kami siap mengamankan Jakarta terkait rencana kunjungan beliau ini.

(K) : Berapa kekuatan personil yang dikerahkan untuk mengamankan rencana kunjungan Presiden Obama di Indonesia – khususnya saat berada di Jakarta — ?


(W) : Kami memiliki standar operasi dengan menggelar kekuatan dan kemampuan yang memadai terhadap setiap bentuk ancaman yang mungkin diperkirakan akan timbul di setiap objek.

(K) : Detailnya, berapa jumlah kekuatan personil kepolisian yang dikerahkan dalam pengamanan kunjungan Presiden Obama ?


(W) : Kami memiliki standar dalam manajemen operasi untuk mengamankan Jakarta ini. Standar pengamanan dalam hal-hal khusus juga kami ada. Dan semuanya itu tergantung dari perkembangan INTELIJEN dan keadaan yang akan kita hadapi nanti.

(K) : Pada hari-hari kerja yang normal saja, Jakarta ini sudah macet luar biasa. Bagaimana antisipasi dari Polda Metro Jaya pada saat Presiden Obama melakukan kegiatan-kegiatannya di Jakarta ini ? Pengaturan lalulintasnya akan dibuat sepeti apa ? Apakah ada penutupan di ruas-ruas jalan tertentu sepanjang Presiden Obama berkegiatan di Jakarta ?


(W) : Memang masalah lalulintas ini adalah masalah harian yang harus kami kelola dan tangani. Oleh karena itu pada saat kunjungan Presiden Obama, tentu aka nada prioritas-prioritas jalur mana saja yang harus diatur dan dikendalikan supaya menjamin kelancaran kunjungan kerja Kepala Negara Amerika Serikat.

(K) : Jujur saja, apakah Polda Metro Jaya sudah menginventarisir elemen mana dari masyarakat kita yang anti Amerika ?


(W) : Selalu dalam setiap operasi, kami awali dengan penyelidikan terhadap hakekat ancaman yang bakal muncul. Itulah sebabnya pada saat-saat sekarang, kami meningatkan terus upaya pengumpulan bahan keterangan. Baik didalam negeri, maupun dari media lainnya agar kami mengetahui perkembangan keadaan berkaitan dengan kunjungan kerja beliau.

(K) : Yang terakhir, apa harapan dari Polda Metro Jaya kepada masyarakat kita terkait rencana kunjungan Presiden Obama ?


(W) : Mari kita secara bersama-sama menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Agar semua kegiatan masyarakat  dan kegiatan  pemerintahan serta pembangunan dapat berjalan dengan baik.

(MS)

April 1, 2010 - Posted by | news, Wawancara Eksklusif | , , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: